Pramuka

Pengarahan oleh pembina pramuka di halaman madrasah. Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib bagi kelas sepuluh dan dilaksanakan setiap hari sabtu mulai pukul 13.00 wib. Lanjut »

Kunjungan Siswa Swiss

Livia, Siswa dari Swiss berkunjung ke MA Negeri 1 Sragen untuk berbagi dan bertukar pengalaman, tentu saja pada mata pelajaran bahasa inggris Lanjut »

Car Free Day

Berbagi Kreatifitas dalam acara CFD kabupaten Sragen, diselenggarakan setiap hari minggu pagi, menampilkan musik dan atraksi lainnya sekaligus mengenalkan Madrasah kepada masyarakat Lanjut »

Pencak Silat

Salah satu ekstrakurikuler unggulan di MAN 1 Sragen. Setiap tahun menyumbang prestasi untuk madrasah. Lanjut »

Tadarus Al-Quran

Agenda rutin setiap hari setelah bel masuk dibunyikan, selama 10 menit sebelum pelajaran selalu terdengan alunan suara mengaji dari seluruh siswa MAN 1 Sragen Lanjut »

 

Kunjungan ke kantor redaksi “Suara Merdeka”

IMGDidirong keinginan untuk mningkatkan majalah, pengurus Majalah “Mansa Ceria” bersama club Pecinta Buku (CPB) berkunjung ke Kantor Redaksi Suara Merdeka di jalan Raya Kaligawe Km 5 Semarang.

“Kami ingin belajar lagi bagaimana menulis dengan baik. Selain majalah madrasah, kami juga memiliki majalag dinding untuk ekspresi para siswa,” jelas ibu Masruroh salah satu pembina dan pengelola perpustakaan.

Kunjungan diterima Kepala Desk Solo Metro, Sri Syamsiyah LS dan staf personalia redaksi Dyah Anggarini, lebih lanjut ibu masruroh menjelaskan para siswa yang berhasil menjadi finalis lomba artikel ilmiah yang diselenggarakan Suara Merdeka bekerja sama dengan pemkot dan pemkab di wilayah eks Karesidenan Surakarta.

“Keberhasilan itu diharapkan bisa memacu teman-teman lain untuk aktif menulis” jelasnya.

Syamsiah yang dalam lomba itu menjadi salah seorang juri mengatakan, dalam lomba artikel tingkat SMA/MA itu, banyak ide orisinil yang ditulis oleh para siswa. “Ide orisinil itu penting dan selanjutnya dituangkan dalam bahasa yang jelas dan menarik” lanjutnya.

Sementara Dyah juga memotivasi para siswa untuk rajin menulis karena hal itu sangat penting saat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Pokoknya menulis dan menulis. Nanti saat kuliah, adik-adik akan diminta menulis dalam bentuk paper, jadi menulis selalu berguna kapanpun,” katanya.

banyak pertanyaan yang muncul dari siswa-siswi MAN 1 Sragen, mulai dari bagaimana kriteria sebuah berita yang baik, bahasa yang mudah dipahami, sampai bagaimana mencari iklan untuk majalah mansa ceria, yang mereka buat.